Penulisan Laporan Penelitian
Novelty
Ada sebuah artikel yang dipaparkan oleh Silvia dan teman
satunya memberikan informasi kepada masyarakat luas tentang cara mengajarkan
penulisan penelitian khusunya
(penelitian tindakan kelas) pada guru-guru SMK di salah satu daerah Sumatra. Hal
ini menjadikan kami penasaran dengan metode apa yang digunakan silvia dalam keberhasilan
mereka menerapkan cara menulis penelian
guru SMK. Disebutkan dalama artikel ada 5 metode yang dipakai yakni
1. Ceramah dan curah pendapat dalam menjelaskan secara umum
Lesson Study dan penelitian tindakan kelas.
2. Pembentukan kelompok berdasarkan instansi masing-masing.
3. Penentuan model-model pembelajaran yang dilaksanakan di
kelas.
4. Pelatihan penulisan proposal penelitian tindakan kelas.
5. Evaluasi penulisan proposal penelitian tindakan kelas
Penerapan kegiatan ini menggunakan metode pelatihan aktif
dengan melibatkan seluruh peserta secara aktif pada setiap sesi kegiatan
pelatihan. Melalui keterlibatan dan pengalaman langsung dari peserta diharapkan
dapat mencapai tujuan-tujuan yang direncanakan secara optimal. Keaktifan guru
sebagai peserta dalam kegiatan ini dapat dilihat berdasarkan pada saat peserta
terlibat dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan serta hasil yang telah dibuat
yaitu berupa proposal penelitian tindakan kelas. Untuk memantau keaktifan
peserta kegiatan, tim pengabdi menentukan guru model yang melaksanakan lesson
study dan PTK di kelas yakni guru model mata pelajaran Matematika dan mata
pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Negeri 13 Kabupaten Sarolangun.
Analisis Kritis
Didalam artikel tersebut bermanfaat bagi mahasiswa pada
umumnya dan mahasiswa pengabdian pada khususnya, karena apa?, di dalam artikel
ini dijelaskan tahapan-tahapan yang dapat dipakai oleh mahasiswa dalam
mengamalkan ilmu kepenulisan penelitian kepada guru yang notabene nya akan
mencerdaskan kehidupan bangsa lewat generasi penerus bangsa. Hal ini menjadi
satu langkah kecil guna mewujudakn cita-cita bangsa kita yang termuat dalam UUD
1945.
As'ad Syamsul Arifin/200321614911
Link Artikel
http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES/article/view/1469/pdf
Komentar
Posting Komentar